Facebook

  • – Hasan al-Bashri

    "Jika seorang mencari ilmu, maka itu akan tampak di wajah, tangan, dan lidahnya serta dalam kerendahan hatinya kepada Allah".

  • – Imam Syafi’i

    "Ilmu adalah yang memberikan manfaat, bukan yang sekadar hanya dihafal".

  • – Sufyan bin Uyainah

    "Tahapan pertama dalam mencari ilmu adalah mendengarkan, kemudian diam dan menyimak dengan penuh perhatian, lalu menjaganya, lalu mengamalkannya dan kemudian menyebarkannya"

  • – Imam Syafi’i

    "Barangsiapa belum pernah merasakan pahitnya menuntut ilmu walau sesaat, ia akan menelan hinanya kebodohan sepanjang hidupnya"

  • – Ali bin Abi Thalib

    "Ilmu itu ada dua macam: apa yang diserap dan yang didengar. Dan yang didengar tidak akan memberikan manfaat jika tidak diserap"

Materi Pelajaran #1 Berpikir Komputasional (Computasional Thinking) Kurikulum Merdeka SMK/MA/SMA (Resume)

Materi Pelajaran #1 Berpikir Komputasional (Computasional Thinking) Kurikulum Merdeka SMK/MA/SMA (Resume)


Computasional thinking adalah metode menyelesaikan persoalan dengan menerapkan teknik ilmu komputer (informatika). 

Share:

Modul Ajar Seni Budaya Kelas X SMK/SMA/MA - Elemen Menciptakan

Modul Ajar Seni Budaya Kelas X SMK/SMA/MA - Elemen Menciptakan 



Pada postingan ini, Ayahguru akan membagikan contoh atau referensi Capaian Pembelajaran (CP), Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan Modul Ajar (MA) Mata Pelajaran Seni Budaya Tingkat SMA/MA dan SMK sesuai Kurikulum Merdeka. Kurikulum merdeka merupakan kurikulum yang mulai dilaksanakan kementerian pendidikan sekarang ini. Kurikulum ini digagas oleh menteri Pendidikan Nadiem Makarim dan mulai diterapkan pada sekolah-sekolah yang siap untuk melaksanakannya. Jenjang SMA, kurikulum ini dilaksanakan pada sekolah penggerak, sedangkan di jenjang SMK kurikulum ini dilaksanakan oleh SMK Program Keunggulan (PK).

Share:

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Seni Budaya SMA/MA dan SMK

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Seni Budaya SMA/MA dan SMK



Pada postingan ini, Ayahguru akan membagikan contoh atau referensi Capaian Pembelajaran (CP), Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan Modul Ajar (MA) Mata Pelajaran Seni Budaya Tingkat SMA/MA dan SMK sesuai Kurikulum Merdeka. Kurikulum merdeka merupakan kurikulum yang mulai dilaksanakan kementerian pendidikan sekarang ini. Kurikulum ini digagas oleh menteri Pendidikan Nadiem Makarim dan mulai diterapkan pada sekolah-sekolah yang siap untuk melaksanakannya. Jenjang SMA, kurikulum ini dilaksanakan pada sekolah penggerak, sedangkan di jenjang SMK kurikulum ini dilaksanakan oleh SMK Program Keunggulan (PK).

Share:

Modul Ajar (MA) Sejarah Indonesia SMA/MA dan SMK - Pengantar ilmu Sejarah

Modul Ajar (MA) Sejarah Indonesia SMA/MA dan SMK - Pengantar ilmu Sejarah



Pada postingan ini, Ayahguru akan membagikan contoh atau referensi Capaian Pembelajaran (CP), Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan Modul Ajar (MA) Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Tingkat SMA/MA dan SMK sesuai Kurikulum Merdeka. Kurikulum merdeka merupakan kurikulum yang mulai dilaksanakan kementerian pendidikan sekarang ini. Kurikulum ini digagas oleh menteri Pendidikan Nadiem Makarim dan mulai diterapkan pada sekolah-sekolah yang siap untuk melaksanakannya. Jenjang SMA, kurikulum ini dilaksanakan pada sekolah penggerak, sedangkan di jenjang SMK kurikulum ini dilaksanakan oleh SMK Program Keunggulan (PK).

Share:

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Sejarah Indonesia SMA/MA dan SMK

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Sejarah Indonesia SMA/MA dan SMK



Pada postingan ini, Ayahguru akan membagikan contoh atau referensi Capaian Pembelajaran (CP), Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan Modul Ajar (MA) Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Tingkat SMA/MA dan SMK sesuai Kurikulum Merdeka. Kurikulum merdeka merupakan kurikulum yang mulai dilaksanakan kementerian pendidikan sekarang ini. Kurikulum ini digagas oleh menteri Pendidikan Nadiem Makarim dan mulai diterapkan pada sekolah-sekolah yang siap untuk melaksanakannya. Jenjang SMA, kurikulum ini dilaksanakan pada sekolah penggerak, sedangkan di jenjang SMK kurikulum ini dilaksanakan oleh SMK Program Keunggulan (PK).

Share:

Modul Ajar (MA) Bahasa Inggris Tingkat X SMA/MA dan SMK - Descriptive Text

Modul Ajar (MA) Bahasa Inggris Tingkat X SMA/MA dan SMK - Descriptive Text

 



Pada postingan ini, Ayahguru akan membagikan contoh atau referensi Capaian Pembelajaran (CP), Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan Modul Ajar (MA) Mata Pelajaran Bahasa Inggris Tingkat SMA/MA dan SMK sesuai Kurikulum Merdeka. Kurikulum merdeka merupakan kurikulum yang mulai dilaksanakan kementerian pendidikan sekarang ini. Kurikulum ini digagas oleh menteri Pendidikan Nadiem Makarim dan mulai diterapkan pada sekolah-sekolah yang siap untuk melaksanakannya. Jenjang SMA, kurikulum ini dilaksanakan pada sekolah penggerak, sedangkan di jenjang SMK kurikulum ini dilaksanakan oleh SMK Program Keunggulan (PK).


Pada kurikulum ini, guru diberikan kebebasan untuk menentukan bentuk perangkat pembelajaran yang sesuai dengan keadaan peserta didik serta kebutuhan di dunia pekerjaan. Untuk mencapai program tersebut, maka perangkat pembelajaran harus disesuaikan dengan CP atau Capaian Pembelajaran (Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar), ATP atau Alur dan Tujuan Pembelajaran (Silabus) dan Modul Ajar (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Untuk itu, guru harus mengembangkan CP, ATP dan Modul Ajar sesuai kebutuhan lapangan.

Sebagai bahan referensi guru, berikut ini merupakan contoh dari CP, ATP dan Modul Ajar Pelajaran Bahasa Inggris tingkat SMA/MA dan SMK.

Modul Ajar (MA) Bahasa Inggris SMA/MA dan SMK - Descriptive Text :

Baca juga :

Demikian, Modul Ajar (MA) Bahasa Inggris SMA/MA dan SMK – Descriptive Text. Semoga bermanfaat bagi bapak/ibu Guru Bahasa Inggris.



Share:

Subscribe Us

Pengikut

Statistik Pengunjung