Facebook

  • – Hasan al-Bashri

    "Jika seorang mencari ilmu, maka itu akan tampak di wajah, tangan, dan lidahnya serta dalam kerendahan hatinya kepada Allah".

  • – Imam Syafi’i

    "Ilmu adalah yang memberikan manfaat, bukan yang sekadar hanya dihafal".

  • – Sufyan bin Uyainah

    "Tahapan pertama dalam mencari ilmu adalah mendengarkan, kemudian diam dan menyimak dengan penuh perhatian, lalu menjaganya, lalu mengamalkannya dan kemudian menyebarkannya"

  • – Imam Syafi’i

    "Barangsiapa belum pernah merasakan pahitnya menuntut ilmu walau sesaat, ia akan menelan hinanya kebodohan sepanjang hidupnya"

  • – Ali bin Abi Thalib

    "Ilmu itu ada dua macam: apa yang diserap dan yang didengar. Dan yang didengar tidak akan memberikan manfaat jika tidak diserap"

04 Agustus 2025

RPP / Modul Ajar Berpikir Komputasional SMK Kelas X Topik Pattern Recognition

RPP / Modul Ajar Berpikir Komputasional SMK Kelas X Topik Pattern Recognition

Kita semua tahu, di balik setiap jam pelajaran yang seru dan penuh makna di dalam kelas, ada persiapan matang yang tak terlihat. Salah satu jantung dari persiapan itu adalah RPP atau yang kini kita kenal sebagai Modul Ajar. Ini bukan sekadar dokumen administratif untuk memenuhi kewajiban, melainkan kompas yang memandu kita dalam mengarungi lautan ilmu bersama para peserta didik.

Namun, kita juga harus jujur. Di tengah padatnya jadwal mengajar, menilai, dan berbagai tugas lainnya, merancang sebuah modul ajar yang ideal dari awal sering kali menjadi tantangan tersendiri. Waktu dan energi yang terbatas kadang membuat kita butuh sedikit inspirasi untuk memulai.

Nah, berangkat dari semangat untuk saling berbagi dan berkolaborasi, pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan contoh RPP/Modul Ajar Informatika / Topik Recognition yang telah saya susun.

Harapan saya, apa yang saya bagikan ini tidak menjadi sebuah template yang kaku, melainkan menjadi percikan ide yang bisa Bapak dan Ibu adopsi, adaptasi, dan kembangkan sesuai dengan keunikan karakter siswa dan kondisi di sekolah masing-masing. 

Share:

03 Agustus 2025

LKPD (Lembar Kegiatan Peserta Didik) Berpikir Komputasional - Pattern Recognition Kelas X SMK

LKPD (Lembar Kegiatan Peserta Didik) Berpikir Komputasional - Pattern Recognition Kelas X SMK

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) adalah salah satu alat pembelajaran yang efektif digunakan dalam proses belajar mengajar, khususnya pada mata pelajaran Informatika. LKPD dirancang untuk memandu peserta didik dalam memahami konsep-konsep penting melalui serangkaian tugas, latihan, dan aktivitas yang sistematis. Dengan menggunakan LKPD, guru dapat memfasilitasi pembelajaran yang lebih interaktif dan mandiri, sehingga peserta didik dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kreativitas, serta kemampuan problem solving dalam konteks teknologi informasi dan komputasi.  

Dalam pembelajaran Informatika, LKPD dapat disusun dengan berbagai pendekatan, seperti project-based learning atau exploratory learning, sesuai dengan materi yang diajarkan. Misalnya, LKPD dapat berisi panduan langkah-langkah pembuatan program sederhana, analisis algoritma, atau eksperimen dengan perangkat lunak tertentu. Melalui LKPD, peserta didik tidak hanya memahami teori tetapi juga langsung mempraktikkan pengetahuan mereka, sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna. Selain itu, LKPD juga membantu guru dalam menilai perkembangan peserta didik secara objektif melalui hasil kerja yang terstruktur. 

LKPD dekomposisi :

Share:

02 Agustus 2025

Pembelajaran Berpikir Komputasional - Detektif Pola

Pembelajaran Berpikir Komputasional - Detektif Pola



Misi Detektif Pola

Misi Detektif Pola

Mengungkap Misteri dengan Kekuatan Berpikir Komputasional

Pengarahan Misi

Selamat datang, Detektif! Hari ini, Anda akan diuji untuk memecahkan serangkaian kasus misterius. Senjata utama Anda bukanlah pistol atau lencana, melainkan otak Anda. Anda harus menggunakan kemampuan **Pengenalan Pola** untuk melihat apa yang tidak terlihat oleh orang lain.

Tujuan Misi Anda:

  • Memahami dan mengidentifikasi berbagai jenis pola (visual, angka, teks).
  • Menerapkan logika pola untuk memecahkan masalah.
  • Menyadari bagaimana pengenalan pola digunakan di dunia teknologi setiap hari.

Siapkan pikiran Anda. Misi dimulai sekarang!

BERKAS KASUS RAHASIA

Kasus #1: Kode Visual Misterius

Sebuah pesan aneh ditinggalkan dalam bentuk simbol. Apa urutan selanjutnya?

→ ?

Pilih bentuk selanjutnya:

Kasus #2: Deret Angka Aneh

Pelaku meninggalkan jejak berupa deret angka. Pecahkan kodenya!

1, 4, 9, 16, 25, __, __

Kasus #3: Pesan Rahasia

Sebuah pesan terenkripsi ditemukan. Apa artinya?

"NJTJ EFULFUJG QPMB"

*Petunjuk: Coba geser setiap huruf satu langkah ke belakang (B → A).

Kasus #4: Pola di Sekitar Kita

Terkadang, petunjuk ada di depan mata. Lihat sekelilingmu. Pola apa yang kamu temukan di dunia nyata?

Kasus ini untuk melatih observasi. Tidak ada jawaban benar atau salah. Tuliskan saja temuanmu!

Pola di Dunia Teknologi

Kemampuan mengenali pola bukan hanya untuk detektif. Komputer menggunakannya setiap detik untuk membuat hidup kita lebih mudah.

🎵

Rekomendasi Musik

Mengenali **pola seleramu** dari lagu yang kamu suka untuk menyarankan lagu baru yang mungkin kamu nikmati.

🙂

Face Unlock

Mengenali **pola unik wajahmu** (jarak mata, bentuk hidung) untuk membuka kunci ponsel dengan aman.

🌦️

Prediksi Cuaca

Mengenali **pola data cuaca** (suhu, angin, kelembapan) dari masa lalu untuk memprediksi cuaca esok hari.

MISI SELESAI!

Kerja bagus, Detektif! Anda telah membuktikan bahwa dengan pengamatan yang cermat dan logika, tidak ada pola yang tidak bisa dipecahkan.

Share:

31 Juli 2025

Link Padlet

Share:

29 Juli 2025

Game 1 : Pattern Recognition

Game 1 : Pattern Recognition





Game Pengenalan Pola: Lanjutkan Urutan

Game Pengenalan Pola: Lanjutkan Urutan

Perhatikan urutan pola di bawah ini. Temukan polanya dan pilih elemen yang tepat untuk melanjutkan urutan tersebut!

Skor: 0 | Level: 1 | Putaran: 0 / 0
Permainan Selesai!
Skor Akhir Anda: 0
Anda berhasil menyelesaikan 0 level!
Share:

Subscribe Us

Pengikut

Statistik Pengunjung