Facebook

Modul Ajar Informatika SMK - Dampak Sosial Informatika (DSI)

Modul Ajar Informatika SMK - Dampak Sosial Informatika (DSI)



Dampak Sosial Informatika (DSI) mencakup penumbuhan kesadaran siswa akan dampak informatika dalam: (a) kehidupan bermasyarakat dan dirinya, khususnya dengan kehadiran dan pemanfaatan TIK, serta (b) bergabungnya manusia dalam jaringan komputer dan internet untuk membentuk masyarakat digital.

Unit pembelajaran Dampak Sosial Informatika (DSI) ini diberikan untuk mengenalkan siswa pada dampak sosial dari informatika dan membawanya ke warga masyarakat digital yang madani. Unit ini akan memandu perjalanan siswa mulai dari mengkaji dan melakukan refleksi dari sejarah perkembangan komputer dan tokoh-tokoh penting yang terlibat, mengobservasi dan memaknai aspek ekonomi dan hukum dari informatika pada saat ini, mengonstruksi gagasan untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan, dan merencanakan studi lanjut dan karier mereka di masa depan.

Tujuan Pembelajaran untuk elemen Dampak Sosial Informatika kelas X ialah siswa mampu : 

  1. Menjelaskan sejarah perkembangan komputer dan tokoh-tokoh yang menjadi pelaku sejarahnya. 
  2. Menjelaskan dampak informatika pada aspek ekonomi dan hukum yang terjadi pada masyarakat. 
  3. Merancang gagasan berbasis informatika untuk menyelesaikan suatu permasalahan yang berdampak pada berbagai aspek kehidupan manusia. 
  4. Merancang rencana studi lanjut dan kariernya, baik di bidang informatika, bidang yang terkait dengan informatika, atau bidang yang menggunakan informatika.
Pada bagian DSI ini, guru sangat disarankan untuk melakukan penyesuaian pada kasus yang diberikan pada latihan dengan kasus-kasus terkini yang terjadi di masyarakat. Kasus-kasus yang saat ini dibahas pada buku atau dijadikan latihan relevan pada saat buku ini ditulis, tetapi sangat mungkin untuk disesuaikan seiring dengan perkembangan di masyarakat. Berikanlah waktu yang cukup bagi siswa untuk mencari dan mengkaji sumber-sumber literatur, baik yang sifatnya primer seperti buku dan jurnal ataupun literatur dari berita atau tulisan di media sosial yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. 

Apabila waktu yang diberikan tidak cukup, guru dapat menjadikan proses pencarian literatur tersebut sebagai aktivitas yang dapat dikerjakan secara mandiri di rumah oleh siswa. Strategi lainnya, apabila memungkinkan, ialah mengundang alumni sekolah atau praktisi yang bekerja di bidang informatika atau bidang yang menerapkan informatika.

Berikut ini contoh Modul Ajar Dampak Sosial Informatika untuk SMK Kelas X :


Demikian Modul Ajar Informatika SMK - Dampak Sosial Informatika semoga bermanfaat sebagai referensi mengajar bapak/ibu guru Informatika baik SMA maupun SMK.

Share:

0 Comments:

Posting Komentar

Subscribe Us

Pengikut

Statistik Pengunjung