Facebook

  • – Hasan al-Bashri

    "Jika seorang mencari ilmu, maka itu akan tampak di wajah, tangan, dan lidahnya serta dalam kerendahan hatinya kepada Allah".

  • – Imam Syafi’i

    "Ilmu adalah yang memberikan manfaat, bukan yang sekadar hanya dihafal".

  • – Sufyan bin Uyainah

    "Tahapan pertama dalam mencari ilmu adalah mendengarkan, kemudian diam dan menyimak dengan penuh perhatian, lalu menjaganya, lalu mengamalkannya dan kemudian menyebarkannya"

  • – Imam Syafi’i

    "Barangsiapa belum pernah merasakan pahitnya menuntut ilmu walau sesaat, ia akan menelan hinanya kebodohan sepanjang hidupnya"

  • – Ali bin Abi Thalib

    "Ilmu itu ada dua macam: apa yang diserap dan yang didengar. Dan yang didengar tidak akan memberikan manfaat jika tidak diserap"

Modul Ajar Pendidikan Pancasila Kelas X SMK/MA Kurikulum Merdeka - Elemen Pancasila

Modul Ajar Pendidikan Pancasila Kelas X SMK/MA Kurikulum Merdeka - Elemen Pancasila



Capaian Pembelajaran

Pada akhir fase E, peserta didik mampu menganalisis cara pandang para pendiri negara tentang rumusan Pancasila sebagai dasar negara; peserta didik mampu menganalisis fungsi dan kedudukan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan identitas nasional; peserta didik mengenali dan menggunakan produk dalam negeri sekaligus mempromosikan budaya lokal dan nasional.

Kompetensi Awal

Sebelum mempelajari modul ini siswa harus mempelajari materi yang berkaitan dengan sejarah perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara Indonesia.

Profil Pelajar Pancasila

Profil Pelajar Pancasila yang dikembangkan:

a. Beriman, bertaqwa kepada Tuhan YME dan Berakhlak mulia

b. Bergotong royong

c. Kreatif

d. Kebhinekaan Global

e. Bernalar kritis

f. Mandiri

Target Peserta Didik

Peserta didik regular / tipikal :dapat menjelaskan arti dasar negara dan menyebutkan rumusan dari para tokoh pendiri negara

Peserta didik dengan kesulitan belajar : dapat menjelaskan salah satu rumusan dasar negara dari para tokoh

Peserta didik dengan pencapaian tinggi : dapat menjelaskan arti dasar negara dan menjelaskan secara detail sejarah perumusan dasar negara

Modul selengkapnya adalah :


Baca juga :
Share:

Buku Panduan Capaian Hasil Asesmen Nasional untuk Satuan Pendidikan Kurikulum Merdeka Belajar

Buku Panduan Capaian Hasil Asesmen Nasional untuk Satuan Pendidikan Kurikulum Merdeka Belajar



Buku Panduan Capaian Hasil Asesmen Nasional untuk Satuan Pendidikan adalah buku panduan yang bisa digunakan untuk memahami Rapor Pendidikan pada satuan pendidikan atau sekolah. Adapun Rapor Pendidikan merupakan suatu system atau platform yang menyediakan data evaluasi penyelenggaraan pendidikan pada satuan pendidikan. Rapor Pendidikan merupakan penyempurnaan dari adanya rapor mutu yang ada sebelumnya.

Program baru ini lebih menekankan pada orientasi terhadap mutu pendidikan dan sistem atau platform yang terintegrasi. Kebijakan program tersebut didasari oleh payung hukum yaitu Permendikbudristek Nomor 9 Tahun 2022 tentang Evaluasi Sistem Pendidikan oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah terhadap Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan pendidikan menengah.

Perlu diketahui oleh para Kepala Sekolah atau Tim Pengembang Sekolah bahwa platform Rapor Pendidikan ini digunakan untuk mengidentifikasi tantangan penyelenggaraan pendidikan di satuan pendidikan. Dijadikan sebagai refleksi yang bisa dijadikan dasar penyusunan rencana perbaikan mutu pendidikan secara lebih tepat sasaran karena berbasis data. Selain itu, satuan pendidikan dapat mengetahui secara menyeluruh kondisi capaian satuan pendidikan dan proses pembelajaran yang telah dilakukan.

Berikut ini Buku Panduan Capaian Hasil Asesmen Nasional untuk Satuan Pendidikan selengkapnya :


Baca juga : 
Share:

Modul Ajar Olahraga SMK / MA Kelas XI Kurikulum Merdeka - Bola Basket

Modul Ajar Olahraga SMK / MA Kelas XI Kurikulum Merdeka - Bola Basket



Kompetensi Awal

Peserta didik telah dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktikkan menganalisis hasil evaluasi keterampilan gerak melempar/mengoper, menangkap, menggiring, menembak, rebound, dan pivot permainan bola basket sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki. 

Share:

Kisi-Kisi Soal PSAT Informatika

Kisi-Kisi Soal PSAT Informatika


§  Ciri-ciri generasi komputer

§  Kemudahan dalam membuka usaha terkait teknologi informasi

§  Dampak positif dan negatif teknologi informasi dan komunikasi

§  Tokoh dunia di bidang perkembangan teknologi komputer

§  Lisensi komersial

§  Definisi istilah terkait internet

§  Aspek ekonomi bidang informatika

§  Cara mengatasi ketertinggalan penggunaan teknologi

§  Manfaat komputer bidang pendidikan

§  Hal-hal yang harus dihindari dalam komunikasi

§  Teknologi dalam melakukan interaksi sosial

§  Aspek hukum bidang informatika

§  Komponen kewargaan digital

§  Resiko penggunaan teknologi informatika

§  Fitur-fitur dalam penggunaan email

§  Jenis-jenis lisensi

§  Fitur-fitur koneksi jaringan kabel dan nirkabel (bluetooth, wifi, internet)

§  Cara membuat mail merge

§  Fungsi aplikasi office (word, excel, powerpoint, dll)

§  Komponen system computer

§  Jenis-jenis pekerjaan di bidang computer

§  Fitur aplikasi canva

§  Contoh pelanggaran HAKI

§  Ciri presentasi yang baik

Referensi belajar sebagai berikut :



Share:

Modul Ajar Matematika Kurikulum Merdeka SMK/MA Kelas X - Vektor

Modul Ajar Matematika Kurikulum Merdeka SMK/MA Kelas X - Vektor



Capaian Pembelajaran

Di akhir fase E, peserta didik dapat melakukan operasi vektor dan mampu mengaplikasikannya pada permasalahan nyata. Pengetahuan dan keterampilan awal yang perlu dimiliki oleh peserta didik sebelum mempelajari modul ini adalah memahami tentang geometri bidang datar dan bangun ruang. 

Profil Pelajar Pancasila

Setelah menyelesaikan pembelajaran ini diharapkan peserta didik dapat mengembangkan diri sesuai dengan profil pelajar pancasila, terutama dimensi beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, bergotong royong, mandiri, dan bernalar kritis.

Target Peserta Didik

Peserta didik yang menjadi target:

  1. Peserta didik regular/tipikal : peserta didik mampu melakukan operasi penjumlahan, pengurangan dan perkalian vektor
  2. Peserta didik dengan kesulitan belajar: peserta didik mampu menghitung sudut antara dua vector.
  3. Peserta didik dengan pencapaian tinggi: peserta didik mampu menentukan proyeksi vektor

Tujuan Pembelajaran

  1. Peserta didik mampu memahami konsep vektor
  2. Peserta didik mampu melakukan penjumlahan vektor , pengurangan vektor dan perkalian vektor dengan bilangan skalar.
  3. Peserta didik mampu menghitung besar vektor
  4. Peserta didik mampu menghitung besar sudut antara dua vektor.
  5. Peserta didik mampu melakukan perkalian dua vektor
  6. Peserta didik mampu menentukan proyeksi Vektor
  7. Peserta didik mampu menyelesaikan masalah yang terkait dengan Vektor
Selengkapnya adalah :


Baca juga :
Share:

Modul Ajar Matematika Kurikulum Merdeka SMK/MA Kelas X - Trigonometri

Modul Ajar Matematika Kurikulum Merdeka SMK/MA Kelas X - Trigonometri 



Capaian Pembelajaran

Di akhir fase E, peserta didik dapat menyelesaikan permasalahan segitiga siku-siku yang melibatkan perbandingan trigonometri dan aplikasinya. 

Profil Pelajar Pancasila

Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, mandiri, gotong royong, bernalar kritis, dan kreatif

Share:

Subscribe Us

Pengikut

Statistik Pengunjung