Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XI SMK/MA Kurikulum Merdeka
FASE : F
ALOKASI WAKTU : 72 JAM
KELAS : XI
Elemen :
- Al-Qur’an dan Hadis
- Akidah
- Akhlak
- Fikih
- Sejarah Peradaban Islam
"Jika seorang mencari ilmu, maka itu akan tampak di wajah, tangan, dan lidahnya serta dalam kerendahan hatinya kepada Allah".
"Ilmu adalah yang memberikan manfaat, bukan yang sekadar hanya dihafal".
"Tahapan pertama dalam mencari ilmu adalah mendengarkan, kemudian diam dan menyimak dengan penuh perhatian, lalu menjaganya, lalu mengamalkannya dan kemudian menyebarkannya"
"Barangsiapa belum pernah merasakan pahitnya menuntut ilmu walau sesaat, ia akan menelan hinanya kebodohan sepanjang hidupnya"
"Ilmu itu ada dua macam: apa yang diserap dan yang didengar. Dan yang didengar tidak akan memberikan manfaat jika tidak diserap"
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XI SMK/MA Kurikulum Merdeka
FASE : F
ALOKASI WAKTU : 72 JAM
KELAS : XI
Modul Ajar Pendidikan Pancasila Kelas X SMK/MA Kurikulum Merdeka - Elemen Pancasila
Pada akhir fase E, peserta didik mampu menganalisis cara pandang para pendiri negara tentang rumusan Pancasila sebagai dasar negara; peserta didik mampu menganalisis fungsi dan kedudukan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan identitas nasional; peserta didik mengenali dan menggunakan produk dalam negeri sekaligus mempromosikan budaya lokal dan nasional.
Sebelum mempelajari modul ini siswa harus mempelajari materi yang berkaitan dengan sejarah perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara Indonesia.
Profil Pelajar Pancasila yang dikembangkan:
a. Beriman, bertaqwa kepada Tuhan YME dan Berakhlak mulia
b. Bergotong royong
c. Kreatif
d. Kebhinekaan Global
e. Bernalar kritis
f. Mandiri
Peserta didik regular / tipikal :dapat menjelaskan arti dasar negara dan menyebutkan rumusan dari para tokoh pendiri negara
Peserta didik dengan kesulitan belajar : dapat menjelaskan salah satu rumusan dasar negara dari para tokoh
Peserta didik dengan pencapaian tinggi : dapat menjelaskan arti dasar negara dan menjelaskan secara detail sejarah perumusan dasar negara
Modul selengkapnya adalah :
Buku Panduan Capaian Hasil Asesmen Nasional untuk Satuan Pendidikan Kurikulum Merdeka Belajar
Buku Panduan Capaian Hasil Asesmen Nasional untuk Satuan Pendidikan adalah buku panduan yang bisa digunakan untuk memahami Rapor Pendidikan pada satuan pendidikan atau sekolah. Adapun Rapor Pendidikan merupakan suatu system atau platform yang menyediakan data evaluasi penyelenggaraan pendidikan pada satuan pendidikan. Rapor Pendidikan merupakan penyempurnaan dari adanya rapor mutu yang ada sebelumnya.
Program baru ini lebih menekankan pada orientasi terhadap mutu pendidikan dan sistem atau platform yang terintegrasi. Kebijakan program tersebut didasari oleh payung hukum yaitu Permendikbudristek Nomor 9 Tahun 2022 tentang Evaluasi Sistem Pendidikan oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah terhadap Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan pendidikan menengah.
Perlu diketahui oleh para Kepala Sekolah atau Tim Pengembang Sekolah bahwa platform Rapor Pendidikan ini digunakan untuk mengidentifikasi tantangan penyelenggaraan pendidikan di satuan pendidikan. Dijadikan sebagai refleksi yang bisa dijadikan dasar penyusunan rencana perbaikan mutu pendidikan secara lebih tepat sasaran karena berbasis data. Selain itu, satuan pendidikan dapat mengetahui secara menyeluruh kondisi capaian satuan pendidikan dan proses pembelajaran yang telah dilakukan.
Berikut ini Buku Panduan Capaian Hasil Asesmen Nasional untuk Satuan Pendidikan selengkapnya :
Modul Ajar Olahraga SMK / MA Kelas XI Kurikulum Merdeka - Bola Basket
Peserta didik telah dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktikkan menganalisis hasil evaluasi keterampilan gerak melempar/mengoper, menangkap, menggiring, menembak, rebound, dan pivot permainan bola basket sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki.
Kisi-Kisi Soal PSAT Informatika
§ Ciri-ciri generasi komputer
§ Kemudahan dalam membuka usaha terkait
teknologi informasi
§ Dampak positif dan negatif teknologi informasi
dan komunikasi
§ Tokoh dunia di bidang perkembangan teknologi komputer
§ Lisensi komersial
§ Definisi istilah terkait internet
§ Aspek ekonomi bidang informatika
§ Cara mengatasi ketertinggalan penggunaan
teknologi
§ Manfaat komputer bidang pendidikan
§ Hal-hal yang harus dihindari dalam komunikasi
§ Teknologi dalam melakukan interaksi sosial
§ Aspek hukum bidang informatika
§ Komponen kewargaan digital
§ Resiko penggunaan teknologi informatika
§ Fitur-fitur dalam penggunaan email
§ Jenis-jenis lisensi
§ Fitur-fitur koneksi jaringan kabel dan nirkabel
(bluetooth, wifi, internet)
§ Cara membuat mail
merge
§ Fungsi aplikasi office (word, excel, powerpoint,
dll)
§ Komponen system computer
§ Jenis-jenis pekerjaan di bidang computer
§ Fitur aplikasi canva
§ Contoh pelanggaran HAKI
§ Ciri presentasi yang baik
Modul Ajar Matematika Kurikulum Merdeka SMK/MA Kelas X - Vektor
Di akhir fase E, peserta didik dapat melakukan operasi vektor dan mampu mengaplikasikannya pada permasalahan nyata. Pengetahuan dan keterampilan awal yang perlu dimiliki oleh peserta didik sebelum mempelajari modul ini adalah memahami tentang geometri bidang datar dan bangun ruang.
Setelah menyelesaikan pembelajaran ini diharapkan peserta didik dapat mengembangkan diri sesuai dengan profil pelajar pancasila, terutama dimensi beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, bergotong royong, mandiri, dan bernalar kritis.
Peserta didik yang menjadi target: