Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Mata Pelajaran Informatika SMK/SMA. Pada pembelajaran paradigma baru sekarang ini, secara umum, ada 2 langkah besar dalam penyusunan perangkat ajar untuk suatu mata pelajaran, yaitu :
1.
Penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran
2.
Pengembangan Modul Ajar
Beberapa pathways menuju CP disediakan pemerintah untuk digunakan sekolah Alur
pembelajaran adalah rangkaian tujuan pembelajaran yang disusun secara logis menurut
urutan pembelajaran sejak awal hingga akhir suatu fase. Alur ini disusun secara
linear sebagaimana urutan kegiatan pembelajaran yang dilakukan dari hari ke
hari Seperti RPP, namun dilengkapi dengan berbagai materi pembelajaran, lembar aktivitas
siswa, dan asesmen untuk mengecek apakah tujuan pembelajaran dicapai siswa Perangkat
ajar diharapkan membantu guru mengajar menggunakan metode terdiferensiasi.
Capaian Pembelajaran (CP) adalah kompetensi yang diharapkan dapat dicapai oleh siswa di akhir fase. CP terdiri dari 6 fase (A-F) atau tahapan yang meliputi seluruh jenjang pendidikan dasar dan menengah (SD, SMP, SMA).
- Fase tersebut adalah: Fase A (kelas 1 – 2), Fase B (kelas 3 – 4), Fase C (kelas 5- 6), Fase D (kelas 7- 9), Fase E (kelas 10), dan Fase F (kelas 11 – 12)
- Alur Pembelajaran (AP) adalah rangkaian tujuan pembelajaran yang tersusun secara sistematis dan logis di dalam fase secara utuh dan menurut urutan pembelajaran sejak awal hingga akhir suatu fase. Alur ini disusun secara linear sebagaimana urutan kegiatan pembelajaran yang dilakukan dari hari ke hari untuk mengukur CP
Alur
Pembelajaran disusun untuk menjadi rangkaian tujuan pembelajaran sejak awal
hingga akhir setiap fase dari suatu Capaian Pembelajaran.
- Alur ini menjadi panduan guru dan siswa untuk mencapai CP di akhir fase tersebut.
- Tujuan pembelajaran disusun secara kronologis berdasarkan urutan pembelajaran dari waktu ke waktu
Guru berhak untuk menyusun alur pembelajaran masing-masing, yang terdiri dari rangkaian tujuan pembelajaran. Pemerintah menyediakan beberapa set alur untuk digunakan sebagai contoh pengembangan kurikulum yang siap digunakan satuan pendidikan, dan panduan untuk penyusunan perangkat ajar.
Berikut ini contoh Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) mata pelajaran Informatika SMK/SMA :
- Capaian Pembelajaran (CP) Informatika SMA/SMK/MA Revisi 2022
- Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Informatika Kelas X SMA/SMK/MA
- Modul Ajar Informatika Kelas SMA/SMK/MA - Berpikir Komputasional (BK)
- Modul Ajar Informatika Kelas X SMA/SMK/MA - Sistem Komputer (SK)
- Modul Ajar Informatika Kelas SMA/SMK/MA - Dampak Sosial Informatika (DSI)
- Modul Ajar Informatika Kelas X SMA/SMK/MA - Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
0 Comments:
Posting Komentar