NASKAH AKADEMIK PRINSIP PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI (DIFFERENTIATED INSTRUCTION) PADA KURIKULUM FLEKSIBEL SEBAGAI WUJUD MERDEKA BELAJAR
Carol A. Tomlinson, seorang pendidik sejak tahun 1995 telah menuliskan idenya dalam buku yang berjudul How to Differentiate Instruction in Mixed Ability Classrooms mengenai suatu pengajaran yang memperhatikan perbedaan individu peserta didik. Kemudian idenya dikenal dengan nama differentiated instruction atau pembelajaran berdiferensiasi. Di dalam pembelajaran berdiferensiasi, guru mengajarkan materi dengan memperhatikan tingkat kesiapan, minat, dan gaya belajar peserta didik. Guru juga dapat memodifikasi isi pelajaran, proses pembelajaran, produk atau hasil dari pembelajaran yang diajarkan, dan lingkungan belajar di mana para peserta didik belajar. Proses pembelajaran berdiferensiasi dapat diterapkan oleh sekolah agar dapat memerdekakan peserta didik dalam belajar karena peserta didik tidak dituntut harus sama dalam segala hal dengan yang lain.
Naskah akademik ini bertujuan untuk membantu pendidik mengembangkan pembelajaran berdiferensiasi karena naskah akademik ini dilengkapi dengan cara merancang dan mengimplementasikan. Selain itu satuan Pendidikan dapat mengadaptasi pengembangannya berdasarkan contoh sekolah model yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari naskah akademik ini.
Dengan adanya naskah akademik ini satuan Pendidikan dapat memberikan layanan pembelajaran berdifersifikasi kepada peserta didik sesuai dengan karakteristik mereka masing-masing dalam upaya membangun kurikulum yang fleksibel sebagai wujud merdeka belajar.
Selengkapnya :
0 Comments:
Posting Komentar