Facebook

Modul Ajar Matematika Tingkat XI SMK/MA - Aljabar dan Fungsi

Modul Ajar Matematika Tingkat XI SMK/MA - Aljabar dan Fungsi



Capaian Pembelajaran

Di akhir fase F, peserta didik dapat menentukan fungsi invers, komposisi fungsi, dan transformasi fungsi untuk memodelkan situasi dunia nyata menggunakan fungsi yang sesuai (linear, kuadrat, eksponensial). 

Kompetensi Awal

Sebelum mempelajari modul ini siswa harus mempelajari materi Relasi, Persamaan Linier Persamaan Kuadrat dan Persamaan Eksponensial. Modul ini mempelajari tentang fungsi, komposisi fungsi dan fungsi invers untuk memodelkan situasi dunia nyata sesuai bidang keahlian masing-masing peserta didik.

Profil Pelajar Pancasila

Profil pelajar pancasila yang dipelajari dalam modul ini antara lain Beriman,bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak Mulia ( selalu berpikir positif,rendah hati ), gotong royong (dituangkan dalam sikap dan tingkah laku berdiskusi dan belajar kelompok), mandiri (dituangkan dalam tugas individu). Berpikir kritis dan kreatif (menuangkan ide, gagasan)

Target Peserta Didik

Peserta didik regular / tipikal : Peserta Didik mampu menyelesaikan persoalan di kehidupan nyata yang berkaitan dengan fungsi komposisi.

Peserta didik dengan kesulitan belajar : Peserta Didik mampu menerapkan operasi aljabar pada fungsi

Peserta didik dengan pencapaian tinggi : Peserta Didik mampu menyelesaikan permasalahan di kehidupan nyata yang berkaitan dengan fungsi invers.

Tujuan Pembelajaran

  1. Peserta didik mampu menjelaskan tentang fungsi.
  2. Peserta didik mampu menjelaskan jenis-jenis fungsi yaitu fungsi surjektif, injektif, dan bijektif.
  3. Peserta didik mampu menentukan daerah asal (domain) dan daerah hasil (range) dari fungsi linear, kuadrat, dan eksponensial.
  4. Peserta didik mampu menerapkan operasi aljabar pada fungsi.
  5. Peserta didik mampu menemukan dan menjelaskan konsep fungsi komposisi.
  6. Peserta didik mampu menerapkan sifat-sifat operasi fungsi komposisi.
  7. Peserta didik mampu menyelesaikan persoalan di kehidupan nyata yang berkaitan dengan fungsi komposisi.
  8. Peserta didik mampu menjelaskan konsep fungsi invers, sebagai fungsi yang merupakan kebalikan dari fungsi asalnya.
  9. Peserta didik mampu menentukan invers dari suatu fungsi (fungsi linear, fungsi rasional, fungsi eksponen, atau logaritma).
  10. Peserta Didik mampu menyelesaikan permasalahan di kehidupan nyata yang berkaitan dengan fungsi invers.
Selengkapnya adalah :


Baca juga :
Share:

0 Comments:

Posting Komentar

Subscribe Us

Pengikut

Statistik Pengunjung