Facebook

  • – Hasan al-Bashri

    "Jika seorang mencari ilmu, maka itu akan tampak di wajah, tangan, dan lidahnya serta dalam kerendahan hatinya kepada Allah".

  • – Imam Syafi’i

    "Ilmu adalah yang memberikan manfaat, bukan yang sekadar hanya dihafal".

  • – Sufyan bin Uyainah

    "Tahapan pertama dalam mencari ilmu adalah mendengarkan, kemudian diam dan menyimak dengan penuh perhatian, lalu menjaganya, lalu mengamalkannya dan kemudian menyebarkannya"

  • – Imam Syafi’i

    "Barangsiapa belum pernah merasakan pahitnya menuntut ilmu walau sesaat, ia akan menelan hinanya kebodohan sepanjang hidupnya"

  • – Ali bin Abi Thalib

    "Ilmu itu ada dua macam: apa yang diserap dan yang didengar. Dan yang didengar tidak akan memberikan manfaat jika tidak diserap"

Panduan Praktik Kerja Lapangan (PKL) sebagai Mata Pelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka

Panduan Praktik Kerja Lapangan (PKL) sebagai Mata Pelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka

Pendidikan di dalam Kurikulum Merdeka berorientasi kepada kebutuhan peserta didik. Berbagai macam upaya dilakukan oleh pemangku kepentingan dalam sistem pendidikan untuk menjadikan peserta didik menjadi pelajar yang memiliki kompetensi sesuai dengan bidangnya berkarakter yang baik demi terwujudnya tujuan pendidikan. Dalam Kurikulum Merdeka dimana PKL menjadi mata pelajaran yang harus diikuti oleh peserta didik SMK, oleh sebab itu panduan ini menjadi acuan bagi satuan pendidikan dalam penyusunan maupun pelaksanaan PKL.

Share:

Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Praktik Kerja Lapangan Fase F untuk SMK/MAK Kurikulum Merdeka

Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Praktik Kerja Lapangan Fase F untuk SMK/MAK Kurikulum Merdeka

Tentang Capaian Pembelajaran Praktik Kerja Lapangan

Capaian Pembelajaran (CP) merupakan kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap fase. Untuk mata pelajaran Praktik Kerja Lapangan, capaian yang ditargetkan di Fase F. CP menjadi acuan untuk pembelajaran intrakurikuler. Sementara itu, kegiatan projek penguatan profil pelajar Pancasila tidak perlu merujuk pada CP, karena lebih diutamakan untuk projek penguatan profil pelajar Pancasila dirancang utamanya untuk mengembangkan dimensi-dimensi profil pelajar Pancasila yang diatur dalam Keputusan Kepala BSKAP tentang Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Dengan demikian, CP digunakan untuk intrakurikuler, sementara dimensi profil pelajar Pancasila untuk projek penguatan profil pelajar Pancasila.

Share:

Kumpulan Doa Sehari-hari sesuai Sunnah (Setiap Muslim Perlu Tahu)

Kumpulan Doa Sehari-hari sesuai Sunnah (Setiap Muslim Perlu Tahu)


Berikut ini kumpulan doa yang bisa diamalkan oleh setiap orang Islam dalam kehidupan sehari-hari. Doa-doa ini diambilkan dari sumber Al qur'an dan hadits yang shahih. Seperti kita ketahui, bahwa Allah Subhanahu wa ta'ala banyak memberikan referensi doa yang termaktub dalam Al qur'an. Doa-doa tersebut sudah pasti menjadi rekomendasi setiap Muslim untuk diamalkan atau dibaca dalam kehidupannya sehari-hari. Dan, sudah pasti "aman" untuk diamalkan karena memiliki sumber atau rujukan yang jelas, yaitu Al qur'an. Mengapa ini penting?. Karena banyak di tengah-tengah masyarakat yang masih mengamalkan doa-doa yang tidak memiliki dasar rujukan yang benar bahkan dengan makna yang menyelisihi kebenaran.

Share:

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Bahasa Inggris Kelas XI dan XII SMK/MA Kurikulum Merdeka

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Bahasa Inggris Kelas XI dan XII SMK/MA Kurikulum Merdeka



FASE : F ( Tingkat XI dan XII)

ALOKASI WAKTU : 144 JP (18 x 4 x 2JP)

Elemen

  1. Menyimak-Berbicara Listening-Speaking
  2. Membaca-Memirsa Reading-Viewing 
  3. Menulis-Mempresentasikan Writing-Presenting
  4. Menyimak-Berbicara Listening-Speaking

Share:

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Bahasa Indonesia Kelas XI SMK/MA Kurikulum Merdeka

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Bahasa Indonesia Kelas XI SMK/MA Kurikulum Merdeka



FASE : F

ALOKASI WAKTU : 54 JAM 

Elemen

  1. Menyimak 
  2. Membaca dan Memirsa 
  3. Berbicara dan mempresentasikan
  4. Menulis

Share:

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XI SMK/MA Kurikulum Merdeka

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XI SMK/MA Kurikulum Merdeka



FASE : F

ALOKASI WAKTU : 72 JAM

KELAS : XI

Elemen :

  1. Al-Qur’an dan Hadis 
  2. Akidah
  3. Akhlak
  4. Fikih 
  5. Sejarah Peradaban Islam

Capaian Pembelajaran :

Pada akhirfase F, dalam aspek Al-Qur’an dan Hadis, peserta didik dapat menganalisis Al-Qur’an dan Hadis tentang berfikir kritis, ilmu pengetahuan dan teknologi, mempresentasikan pesan-pesan Al-Qur’an dan Hadis tentang pentingnya berfikir kritis (critical thinking), ilmu pengetahuan dan teknologi, membiasakan membaca Al-Qur’an dengan meyakini bahwa berfikir kritis, ilmu pengetahuan dan teknologi adalah ajaran agama membiasakan sikap rasa ingin tahu, berfikir kritis, kreatif, dan adaptif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Selengkapnya :


Baca juga :
Share:

Subscribe Us

Pengikut

Statistik Pengunjung