Facebook

  • – Hasan al-Bashri

    "Jika seorang mencari ilmu, maka itu akan tampak di wajah, tangan, dan lidahnya serta dalam kerendahan hatinya kepada Allah".

  • – Imam Syafi’i

    "Ilmu adalah yang memberikan manfaat, bukan yang sekadar hanya dihafal".

  • – Sufyan bin Uyainah

    "Tahapan pertama dalam mencari ilmu adalah mendengarkan, kemudian diam dan menyimak dengan penuh perhatian, lalu menjaganya, lalu mengamalkannya dan kemudian menyebarkannya"

  • – Imam Syafi’i

    "Barangsiapa belum pernah merasakan pahitnya menuntut ilmu walau sesaat, ia akan menelan hinanya kebodohan sepanjang hidupnya"

  • – Ali bin Abi Thalib

    "Ilmu itu ada dua macam: apa yang diserap dan yang didengar. Dan yang didengar tidak akan memberikan manfaat jika tidak diserap"

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Bahasa Inggris Kelas XI dan XII SMK/MA Kurikulum Merdeka

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Bahasa Inggris Kelas XI dan XII SMK/MA Kurikulum Merdeka



FASE : F ( Tingkat XI dan XII)

ALOKASI WAKTU : 144 JP (18 x 4 x 2JP)

Elemen

  1. Menyimak-Berbicara Listening-Speaking
  2. Membaca-Memirsa Reading-Viewing 
  3. Menulis-Mempresentasikan Writing-Presenting
  4. Menyimak-Berbicara Listening-Speaking

Share:

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Bahasa Indonesia Kelas XI SMK/MA Kurikulum Merdeka

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Bahasa Indonesia Kelas XI SMK/MA Kurikulum Merdeka



FASE : F

ALOKASI WAKTU : 54 JAM 

Elemen

  1. Menyimak 
  2. Membaca dan Memirsa 
  3. Berbicara dan mempresentasikan
  4. Menulis

Share:

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XI SMK/MA Kurikulum Merdeka

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XI SMK/MA Kurikulum Merdeka



FASE : F

ALOKASI WAKTU : 72 JAM

KELAS : XI

Elemen :

  1. Al-Qur’an dan Hadis 
  2. Akidah
  3. Akhlak
  4. Fikih 
  5. Sejarah Peradaban Islam

Capaian Pembelajaran :

Pada akhirfase F, dalam aspek Al-Qur’an dan Hadis, peserta didik dapat menganalisis Al-Qur’an dan Hadis tentang berfikir kritis, ilmu pengetahuan dan teknologi, mempresentasikan pesan-pesan Al-Qur’an dan Hadis tentang pentingnya berfikir kritis (critical thinking), ilmu pengetahuan dan teknologi, membiasakan membaca Al-Qur’an dengan meyakini bahwa berfikir kritis, ilmu pengetahuan dan teknologi adalah ajaran agama membiasakan sikap rasa ingin tahu, berfikir kritis, kreatif, dan adaptif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Selengkapnya :


Baca juga :
Share:

Modul Ajar Pendidikan Pancasila Kelas X SMK/MA Kurikulum Merdeka - Elemen Pancasila

Modul Ajar Pendidikan Pancasila Kelas X SMK/MA Kurikulum Merdeka - Elemen Pancasila



Capaian Pembelajaran

Pada akhir fase E, peserta didik mampu menganalisis cara pandang para pendiri negara tentang rumusan Pancasila sebagai dasar negara; peserta didik mampu menganalisis fungsi dan kedudukan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan identitas nasional; peserta didik mengenali dan menggunakan produk dalam negeri sekaligus mempromosikan budaya lokal dan nasional.

Kompetensi Awal

Sebelum mempelajari modul ini siswa harus mempelajari materi yang berkaitan dengan sejarah perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara Indonesia.

Profil Pelajar Pancasila

Profil Pelajar Pancasila yang dikembangkan:

a. Beriman, bertaqwa kepada Tuhan YME dan Berakhlak mulia

b. Bergotong royong

c. Kreatif

d. Kebhinekaan Global

e. Bernalar kritis

f. Mandiri

Target Peserta Didik

Peserta didik regular / tipikal :dapat menjelaskan arti dasar negara dan menyebutkan rumusan dari para tokoh pendiri negara

Peserta didik dengan kesulitan belajar : dapat menjelaskan salah satu rumusan dasar negara dari para tokoh

Peserta didik dengan pencapaian tinggi : dapat menjelaskan arti dasar negara dan menjelaskan secara detail sejarah perumusan dasar negara

Modul selengkapnya adalah :


Baca juga :
Share:

Buku Panduan Capaian Hasil Asesmen Nasional untuk Satuan Pendidikan Kurikulum Merdeka Belajar

Buku Panduan Capaian Hasil Asesmen Nasional untuk Satuan Pendidikan Kurikulum Merdeka Belajar



Buku Panduan Capaian Hasil Asesmen Nasional untuk Satuan Pendidikan adalah buku panduan yang bisa digunakan untuk memahami Rapor Pendidikan pada satuan pendidikan atau sekolah. Adapun Rapor Pendidikan merupakan suatu system atau platform yang menyediakan data evaluasi penyelenggaraan pendidikan pada satuan pendidikan. Rapor Pendidikan merupakan penyempurnaan dari adanya rapor mutu yang ada sebelumnya.

Program baru ini lebih menekankan pada orientasi terhadap mutu pendidikan dan sistem atau platform yang terintegrasi. Kebijakan program tersebut didasari oleh payung hukum yaitu Permendikbudristek Nomor 9 Tahun 2022 tentang Evaluasi Sistem Pendidikan oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah terhadap Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan pendidikan menengah.

Perlu diketahui oleh para Kepala Sekolah atau Tim Pengembang Sekolah bahwa platform Rapor Pendidikan ini digunakan untuk mengidentifikasi tantangan penyelenggaraan pendidikan di satuan pendidikan. Dijadikan sebagai refleksi yang bisa dijadikan dasar penyusunan rencana perbaikan mutu pendidikan secara lebih tepat sasaran karena berbasis data. Selain itu, satuan pendidikan dapat mengetahui secara menyeluruh kondisi capaian satuan pendidikan dan proses pembelajaran yang telah dilakukan.

Berikut ini Buku Panduan Capaian Hasil Asesmen Nasional untuk Satuan Pendidikan selengkapnya :


Baca juga : 
Share:

Modul Ajar Olahraga SMK / MA Kelas XI Kurikulum Merdeka - Bola Basket

Modul Ajar Olahraga SMK / MA Kelas XI Kurikulum Merdeka - Bola Basket



Kompetensi Awal

Peserta didik telah dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktikkan menganalisis hasil evaluasi keterampilan gerak melempar/mengoper, menangkap, menggiring, menembak, rebound, dan pivot permainan bola basket sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki. 

Share:

Subscribe Us

Pengikut

Statistik Pengunjung