Facebook

MODUL AJAR ELEMEN TEKSTIL DAN DESAIN HIASAN SERTA PERSIAPAN PEMBUATAN BUSANA KELAS XI SMK TATA BUSANA

MODUL AJAR ELEMEN TEKSTIL DAN DESAIN HIASAN SERTA PERSIAPAN PEMBUATAN BUSANA KELAS XI SMK TATA BUSANA

Capaian Pembelajaran

  1. Pada akhir fase F, peserta didik mampu mengembangkan desain dan olah tekstil yang disesuaikan dengan kebutuhan industri dan kebudayaan daerah (batik/tenun/motif printing/mengolah bahan), membuat desain hiasan (renda/ sulaman/ kancing hias/bordir)
  2. Pada akhir fase F, peserta didik mampu menyiapkan pembuatan busana yang disepakati, baik berupa :
  • Pembuatan busana berbasis kreasi (produk sampel) yang meliputi pembuatan lembar kerja sampel sesuai dengan spesifikasi desain, membuat langkah kerja pembuatan sampel, membuat pola, memotong bahan dan menentukan harga produk
  • Pembuatan busana berbasis industri (busana siap pakai) yang meliputi pembuatan lembar kerja sesuai dengan spesifikasi desain, menyiapkan langkah kerja produksi, menentukan ukuran standar, memodifikasi pola berdasarkan desain, pattern making, grading, marker, spreading, cutting, bundling, numbering, menentukan harga produk dan perencanaan produksi 
  • Pembuatan busana custome made (pesanan perorangan) yang meliputi pengambilan ukuran badan, membuat pola sesuai dengan desain, menggunting bahan, menghitung pembuatan busana

Profil Pelajar Pancasila

Setelah pelaksanaan pembelajaran, maka karakter Pelajar Pancasila yang akan dikembangkan adalah:

  1. Bertaqwa kepada Tuhan yang maha Esa dan berakhlakul karimah, sebelum dan sesudah pembelajaran senantiasa dibiasakan berdoa terlebih dahulu
  2. Berkebhinekaan Nasional, mengambil ide-ide dari daerah di Indonesia, baik dari segi bahan maupun model busana
  3. Gotong Royong, bekerja sama dalam kelompok kerja untuk penyelesaian proyek
  4. Mandiri
  5. Bernalar kritis, bagaimana memecahkan pembuatan pola agar sesuai dengan desain
  6. Kreatif , terutama dalam mengembangkan model desain dibutuhkan kreatifitas tinggi

Target Peserta Didik

Untuk keberhasilan pencapaian kompetensi semua siswa, maka proses pembelajaran yang akan digunakan mempertimbangkan target peserta didik yang memiliki kriteria berikut:

  1. Peserta didik reguler/tipikal: umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar desain hiasan dan olah tekstil serta persiapan pembuatan busana
  2. Peserta didik dengan kesulitan belajar: dapat memahami materi desain hiasan dan olah tekstil serta persiapan pembuatan busana sesuai kemampuan
  3. Peserta didik dengan pencapaian tinggi: dapat mengembangkan desain hiasan dan olah tekstil, serta menyiapkan pembuatan busana sampai dengan merancang bahan
Selengkapnya sebagai berikut :
Share:

0 Comments:

Posting Komentar

Subscribe Us

Pengikut

Statistik Pengunjung