Facebook

MODUL AJAR PEMBUATAN KEMEJA LENGAN PANJANG - TATA BUSANA SMK KELAS XII

MODUL AJAR PEMBUATAN KEMEJA LENGAN PANJANG - TATA BUSANA SMK KELAS XII



Capaian Pembelajaran

  1. Pada akhir fase F, peserta didik mampu membuat figure perempuan dan laki-laki, menghidupkan gaya dan gerakan, membuat figure berpakaian
  2. Pada akhir fase F, peserta didik mampu menggambar datar secara digital dan manual sesuai dengan proporsi dan detail rancangan tampak depan dan belakang
  3. Pada akhir fase F, peserta didik mampu mengungkapkan karya dalam satu konsep gaya (style), menerapkan trend, menerapkan sustainable fashion, membuat tema desain busana sesuai yang disepakati, baik berupa desain busana berbasis kreasi/berbasis industry/custome made 

Kompetensi Awal

Kompetensi yang harus dimiliki dalam mempelajari modul ajar ini adalah dasar desain fesyen, membuat pola dasar konstruksi, memilih bahan tekstil, menggoperasikan mesin jahit, memahami standar kualitas sesuai mode dengan kreatif, baik secara mandiri maupun bergotong royong.

Target Peserta Didik

Untuk keberhasilan pencapaian kompetensi semua siswa, maka proses pembelajaran yang akan digunakan mempertimbangkan target peserta didik yang memiliki kriteria berikut:
  1. Peserta didik reguler/tipikal: umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar diharapkan dapat membuat produk blus sesuai desain
  2. Peserta didik dengan kesulitan belajar : a. memiliki gaya belajar yang terbatas hanya satu gaya misalnya dengan audio. b. Memiliki kesulitan dengan bahasa dan pemahaman materi ajar, kurang percaya diri, kesulitan berkonsentrasi jangka panjang, diharapkan dapat menjahit bagian -bagian dari blus.
  3. Peserta didik dengan pencapaian tinggi: mencerna dan memahami dengan cepat, mampu mencapai keterampilan berfikir aras tinggi (HOTS), dan memiliki keterampilan memimpin selain dapat membuat blus sesuai desain juga dapat membuat kreasi model blus lain.

Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari Modul Membuat Blus, peserta didik dapat :
  1. Menyiapkan tempat kerja sesuai standar SOP dan K3
  2. Membuat figure laki-laki dengan berbagai gaya dan gerak
  3. Menggambar datar rancangan kemeja lengan panjang secara digital sesuai dengan proporsi dan detail rancangan tampak depan dan belakang
Modul selengkapnya adalah sebagai berikut :


Baca juga :
Share:

0 Comments:

Posting Komentar

Subscribe Us

Pengikut

Statistik Pengunjung