Capaian Pembelajaran (CP) Proyek IPAS SMK Revisi 2022.
Capaian Pembelajaran (CP) Proyek IPAS SMK Revisi 2022
Capaian Pembelajaran (CP) Informatika SMK/SMA Revisi 2022
Capaian Pembelajaran (CP) Informatika SMK/SMA Revisi 2022
Informatika adalah sebuah disiplin ilmu yang mencari pemahaman dan mengeksplorasi dunia di sekitar kita, baik natural maupun artifisial yang secara khusus tidak hanya berkaitan dengan studi, pengembangan, dan implementasi dari sistem komputer, tetapi juga pemahaman terhadap prinsip-prinsip dasar pengembangan. Peserta didik dapat menciptakan, merancang, dan mengembangkan produk berupa artefak komputasional (computational artifact) dalam bentuk perangkat keras, perangkat lunak (algoritma, program, atau aplikasi), atau sistem berupa kombinasi perangkat keras dan lunak dengan menggunakan teknologi dan perkakas (tools) yang sesuai. Informatika mencakup prinsip keilmuan perangkat keras, data, informasi, dan sistem komputasi yang mendasari proses pengembangan tersebut.
Modul Ajar Informatika SMK - Dampak Sosial Informatika (DSI)
Modul Ajar Informatika SMK - Dampak Sosial Informatika (DSI)
Dampak Sosial Informatika (DSI) mencakup penumbuhan kesadaran siswa akan dampak informatika dalam: (a) kehidupan bermasyarakat dan dirinya, khususnya dengan kehadiran dan pemanfaatan TIK, serta (b) bergabungnya manusia dalam jaringan komputer dan internet untuk membentuk masyarakat digital.
Unit pembelajaran Dampak Sosial Informatika (DSI) ini diberikan untuk mengenalkan siswa pada dampak sosial dari informatika dan membawanya ke warga masyarakat digital yang madani. Unit ini akan memandu perjalanan siswa mulai dari mengkaji dan melakukan refleksi dari sejarah perkembangan komputer dan tokoh-tokoh penting yang terlibat, mengobservasi dan memaknai aspek ekonomi dan hukum dari informatika pada saat ini, mengonstruksi gagasan untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan, dan merencanakan studi lanjut dan karier mereka di masa depan.
Kepmendikbudristek No. 56 Tahun 2022 Pedoman Penerapan Kurikulum dalam rangka Pemulihan Pembelajaran (Kurikulum Merdeka)
Kepmendikbudristek No. 56 Tahun 2022 Pedoman Penerapan Kurikulum dalam rangka Pemulihan Pembelajaran (Kurikulum Merdeka) sebagai pedoman Penerapan Kurikulum Baru di Sekolah Non Peserta Program Sekolah Penggerak.
Tanya Jawab Kurikulum Merdeka 2022
Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik. Projek untuk menguatkan pencapaian profil pelajar Pancasila dikembangkan berdasarkan tema tertentu yang ditetapkan oleh pemerintah. Projek tersebut tidak diarahkan untuk mencapai target capaian pembelajaran tertentu, sehingga tidak terikat pada konten mata pelajaran.
Simak selengkapnya pada paparan buku saku di bawah ini :
RPP Keamanan Pangan #2 (Sanitasi Hygiene dan Keselamatan Kerja) SMK Tata Boga Kompetensi Dasar Mikroorganisme
RPP Keamanan Pangan #2 (Sanitasi Hygiene dan Keselamatan Kerja) SMK Tata Boga Kompetensi Dasar Mikroorganisme
Kompetensi
Inti
Pengetahuan
:
KI 3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Tata Bogapada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.