Facebook

  • – Hasan al-Bashri

    "Jika seorang mencari ilmu, maka itu akan tampak di wajah, tangan, dan lidahnya serta dalam kerendahan hatinya kepada Allah".

  • – Imam Syafi’i

    "Ilmu adalah yang memberikan manfaat, bukan yang sekadar hanya dihafal".

  • – Sufyan bin Uyainah

    "Tahapan pertama dalam mencari ilmu adalah mendengarkan, kemudian diam dan menyimak dengan penuh perhatian, lalu menjaganya, lalu mengamalkannya dan kemudian menyebarkannya"

  • – Imam Syafi’i

    "Barangsiapa belum pernah merasakan pahitnya menuntut ilmu walau sesaat, ia akan menelan hinanya kebodohan sepanjang hidupnya"

  • – Ali bin Abi Thalib

    "Ilmu itu ada dua macam: apa yang diserap dan yang didengar. Dan yang didengar tidak akan memberikan manfaat jika tidak diserap"

Modul Ajar Matematika Tingkat / Kelas X SMK/MA - Persamaan dan Pertidaksamaan

Modul Ajar Matematika Tingkat / Kelas X SMK/MA - Persamaan dan Pertidaksamaan



Capaian Pembelajaran

Pada akhir fase ini, Peserta didik dapat menginterpretasi ekspresi eksponensial. Menggunakan sistem persamaan linear tiga variabel, sistem pertidaksaman linear dua variable. 

Kompetensi Awal

Sebelum mempelajari modul ini siswa harus mempelajari tentangpersamaan linear dua variabel yang dipelajari di SMP. Setelah siswa dapat memahami materi tersebut maka siswa dapat mempelajari bab ini. Bab ini membahas sistem persamaan linear dengan tiga variabel.

Profil Pelajar Pancasila

Profil pelajar pancasila yang dipelajari dalam modul ini antara lain berkebhinekaan global, mandiri, kraetif, gotong royong. berkebinekaan global ( berhubungan dengan mengenal dan menghargai budaya, gotong royong ( dituangkan dalam sikap dan tingkah laku berdiskusi dan belajar kelompok, mandiri (dituangkan dalam tugas individu). Kreatif(menuangkan dalam memodelkan masalah ke dalam sistem persamaan dan pertidaksamaan Linear Tiga Variabel)

Tujuan Pembelajaran

  1. Menjelaskan terlebih dahulu tentang SPLDV kemudian menjelaskan tentang macam variabel
  2. Menjelaskan untuk menyelesaiakan SPLDV dengan menggunakan metode eliminasi dan subtitusi dan campuran
  3. Menjelaskan untuk menyelesaiakn SPLTV dengan metode eliminasi dan subtitusi untuk mencari Himpunan Penyelesaiannya
  4. Menjelaskan untuk menyelesaiakn Pertidaksamaan Linear Dua Variabel untuk menetukan Daerah Himpunan Penyelesaiannya.
Selengkapnya :


Baca juga :
Share:

Modul Ajar Matematika Tingkat XI SMK/MA - Aljabar dan Fungsi

Modul Ajar Matematika Tingkat XI SMK/MA - Aljabar dan Fungsi



Capaian Pembelajaran

Di akhir fase F, peserta didik dapat menentukan fungsi invers, komposisi fungsi, dan transformasi fungsi untuk memodelkan situasi dunia nyata menggunakan fungsi yang sesuai (linear, kuadrat, eksponensial). 

Kompetensi Awal

Sebelum mempelajari modul ini siswa harus mempelajari materi Relasi, Persamaan Linier Persamaan Kuadrat dan Persamaan Eksponensial. Modul ini mempelajari tentang fungsi, komposisi fungsi dan fungsi invers untuk memodelkan situasi dunia nyata sesuai bidang keahlian masing-masing peserta didik.

Share:

Modul Ajar / RPP Bahasa Inggris Tingkat XII SMK / MA - Aplication Letter

Modul Ajar / RPP Bahasa Inggris Tingkat XII SMK / MA - Aplication Letter



Kompetensi Dasar

3.28. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari surat lamaran kerja, sesuai dengan konteks penggunaannya.

4.28. Menyunting surat lamaran kerja,, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, yang benar dan sesuai konteks. 

Share:

Modul Ajar / RPP Bahasa Inggris SMK/MA Tingkat XII - Offering Help (Menawarkan Jasa/bantuan dan Responnya)

Modul Ajar / RPP Bahasa Inggris SMK/MA Tingkat XII - Offering Help (Menawarkan Jasa/bantuan dan Responnya)



Kompetensi Dasar

3.27 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan menawarkan jasa dan responsnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.

4.27 Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan merespons ungkapan menawarkan jasa, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks. 

Tujuan Pembelajaran

Melalui proses mengamati, menanya, mengeksplorasikan, mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan diharapkan Peserta didik mampu:

  1. Memahami teks ungkapan menawarkan jasa dan responsnya, sesuai dengan konteks penggunaannya disampaikan dengan memperhatikan fungsi sosial dengan benar
  2. Mengidentifikasi kelengkapan struktur teks ungkapan menawarkan jasa dan responsnya, sesuai dengan konteks penggunaannya dengan benar
  3. Memahami penggunaan unsur kebahasaan ungkapan menawarkan jasa dan responsnya, sesuai dengan konteks penggunaannya dengan benar
  4. Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan ungkapan menawarkan jasa, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
  5. Menyusun teks lisan dan tulis untuk merespons ungkapan menawarkan jasa, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

Metode Pembelajaran

Strategi : Problem Based Learning
Pendekatan : Saintific

Selengkapnya adalah sebagai berikut :


Baca juga :
Share:

Modul Ajar / RPP Bahasa Inggris SMK/MA Tingkat XII - Penulisan Laporan Sederhana (Writing a Simple Report)

Modul Ajar / RPP Bahasa Inggris SMK/MA Tingkat XII - Penulisan Laporan Sederhana (Writing a Simple Report)



Kompetensi Dasar

3.25. Menganalisis fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait penulisan laporan sederhana

4.25. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian Bahasa Inggris.

Share:

Modul Ajar / RPP Bahasa Inggris SMK/MA Tingkat XII - Cause and Effect (Menyatakan Keterkaitan Sebab Akibat)

Modul Ajar / RPP Bahasa Inggris SMK/MA Tingkat XII - Cause and Effect (Menyatakan Keterkaitan Sebab Akibat)



Kompetensi Dasar

3.24 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan sebab akibat, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan because of ..., due to ..., thanks to ...)

4.24 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan sebab akibat, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

Tujuan Pembelajaran

Setelah pembelajaran melalui proses mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasi dan mengkomunikasikan, peserta didik mampu :

  1. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
  2. Menunjukan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
  3. Menyunting teks lisan dan tulis sederhana tentang ungkapan menyatakan keterkaitan/sebab akibat memperhatikan fungsi sosial,struktur teks, dan unsur kebahasaan sesuai dengan konteks penggunaanya.
  4. Menyusun teks lisan dan tulis sederhana tentang ungkapan menyatakan keterkaitan/sebab akibat dengan memperhatikan tujuan, struktur teks, dan unsur kebahasaan sesuai dengan konteks penggunaanya. 
  5. Mengkomunikasikan teks lisan dan tulis sederhana tentang ungkapan menyatakan keterkaitan/sebab akibat dengan memperhatikan fungsi sosial,struktur teks, dan unsur kebahasaan sesuai dengan konteks penggunaanya.

Materi Pembelajaran

Mengucapkan dan merespon ungkapan simpati
  • Fungsi Sosial, Menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman dan orang lain
  • Struktur teks, Farid didn’t go to school because of the rain. Jehan can speak English well do to learning contextually. Please say thank to your manager.
Selengkapnya adalah sebagai berikut :


Baca juga :
Share:

Subscribe Us

Pengikut

Statistik Pengunjung