Facebook

  • – Hasan al-Bashri

    "Jika seorang mencari ilmu, maka itu akan tampak di wajah, tangan, dan lidahnya serta dalam kerendahan hatinya kepada Allah".

  • – Imam Syafi’i

    "Ilmu adalah yang memberikan manfaat, bukan yang sekadar hanya dihafal".

  • – Sufyan bin Uyainah

    "Tahapan pertama dalam mencari ilmu adalah mendengarkan, kemudian diam dan menyimak dengan penuh perhatian, lalu menjaganya, lalu mengamalkannya dan kemudian menyebarkannya"

  • – Imam Syafi’i

    "Barangsiapa belum pernah merasakan pahitnya menuntut ilmu walau sesaat, ia akan menelan hinanya kebodohan sepanjang hidupnya"

  • – Ali bin Abi Thalib

    "Ilmu itu ada dua macam: apa yang diserap dan yang didengar. Dan yang didengar tidak akan memberikan manfaat jika tidak diserap"

Modul Ajar Sejarah Indonesia Tingkat XI SMK - Elemen Keterampilan Konsep Sejarah

Modul Ajar Sejarah Indonesia Tingkat XI SMK - Elemen Keterampilan Konsep Sejarah 



Capaian Pembelajaran

Pada akhir fase XI ini, peserta didik mampu mengembangkan konsep sejarah yang dapat digunakan untuk mengkaji peristiwa sejarah, mengidentifikasi kiprah orang-orang atau kelompok masyarakat dalam menciptakan dan menggerakkan sejarah, mengidentifikasi peristiwa sejarah di Indonesia serta mengaitkan atau menghubungkannya dengan peristiwa sejarah di dunia pada periode yang sama, mengidentifikasi dan menganalisis pola perkembangan, keberlanjutan, perubahan dan pengulangan dalam peristiwa sejarah, dan mengembangkan konsep diakronis (kronologi) dan/atau sinkronis untuk mendiskripsikan peristiwa sejarah 

Target Peserta Didik

Dapat menjelaskan bangsa yang pernah menjajah bangsa Indonesia

Tujuan Pembelajaran 

  1. peserta didik mampu mengembangkan konsep sejarah yang dapat digunakan untuk mengkaji peristiwa sejarah
  2. Peserta didik mampu menyebutkan tokoh-tokoh dengan mengidentifikasi kiprah orang-orang atau kelompok masyarakat dalam menciptakan dan menggerakkan sejarah
  3. Peserta didik mampu menjelaskan dengan Mengidentifikasi peristiwa sejarah di Indonesia serta mengaitkan atau menghubungkannya dengan peristiwa sejarah di dunia pada periode yang sama
  4. Peserta didik mampu menguraikan peristiwa sejarah dengan Mengidentifikasi dan menganalisis pola perkembangan, keberlanjutan,perubahan, dan pengulangan dalam peristiwa sejarah dan mengembangkan konsep diakronis (kronologi) dan/atau sinkronis untuk mendiskripsikan peristiwa sejarah
Selengkapnya ...


Baca juga :
Share:

Taksonomi Bloom (Revisi) dan Kata Kerja Operasional 2023

Taksonomi Bloom (Revisi) dan Kata Kerja Operasional 2023



Taksonomi Bloom adalah inovasi dalam bidang pendidikan yang memiliki dampak signifikan terhadap pelaksanaan evaluasi dan penyelenggaraan pendidikan secara keseluruhan. Hal ini disebabkan oleh kemampuan Taksonomi Bloom dalam mengidentifikasi tingkat kemampuan berpikir, mulai dari yang paling dasar hingga yang paling kompleks. Dengan memahami kemampuan berpikir ini, kita dapat membuat indikator, soal, dan evaluasi yang sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai dari tujuan pendidikan.

Share:

MODUL AJAR PEMBUATAN KEMEJA LENGAN PANJANG - TATA BUSANA SMK KELAS XII

MODUL AJAR PEMBUATAN KEMEJA LENGAN PANJANG - TATA BUSANA SMK KELAS XII



Capaian Pembelajaran

  1. Pada akhir fase F, peserta didik mampu membuat figure perempuan dan laki-laki, menghidupkan gaya dan gerakan, membuat figure berpakaian
  2. Pada akhir fase F, peserta didik mampu menggambar datar secara digital dan manual sesuai dengan proporsi dan detail rancangan tampak depan dan belakang
  3. Pada akhir fase F, peserta didik mampu mengungkapkan karya dalam satu konsep gaya (style), menerapkan trend, menerapkan sustainable fashion, membuat tema desain busana sesuai yang disepakati, baik berupa desain busana berbasis kreasi/berbasis industry/custome made 

Share:

MODUL AJAR PEMBUATAN BUSANA CUSTOM MADE - PEMBUATAN JAKET - TATA BUSANA KELAS XII SMK

MODUL AJAR PEMBUATAN BUSANA CUSTOM MADE - PEMBUATAN JAKET - TATA BUSANA KELAS XII SMK 


Kompetensi Awal

Pembuatan busana custome made (pesanan perorangan) yang meliputi pengambilan ukuran badan, membuat pola sesuai dengan desain, menggunting bahan, menghitung pembuatan busana. 

Target Peserta Didik

Untuk keberhasilan pencapaian kompetensi semua siswa, maka proses pembelajaran yang akan digunakan mempertimbangkan target peserta didik yang memiliki kriteria berikut:

  1. Mengukur tubuh pelanggan sesuai ukuran yang dibutuhkan dalam desain 
  2. Membuat pola sesuai desain busana custom made
  3. Menggunting bahan sesuai SOP pembuatan busana custom made
  4. Menghitung jasa pembuatan busana custom made

Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari Modul Teknik Dasar menjahit, peserta didik dapat :

  1. Menyiapkan tempat kerja sesuai standar SOP dan K3
  2. Menjelaskan cara mengambil ukuran
  3. Menganalisis rancangan bahan jas/jacket
  4. Membuat rancangan bahan jas/jacket
  5. Menerapkan prosedur pembuatan jas/jacket
  6. Membuat jas/jacket
Selengkapnya adalah sebagai berikut :

Baca juga :

MODUL AJAR MEMBUAT BLUS KELAS XI SMK TATA BUSANA

Share:

MODUL AJAR MEMBUAT BLUS KELAS XI SMK TATA BUSANA

MODUL AJAR MEMBUAT BLUS KELAS XI SMK TATA BUSANA


Kompetensi Awal

Kompetensi yang harus dimiliki dalam mempelajari modul ajar ini adalah dasar desain fesyen, membuat pola dasar konstruksi ,memilih bahan tekstil, menggoperasikan mesin jahit, memahami standar kualitas sesuai mode dengan kreatif, baik secara mandiri maupun bergotong royong.

Share:

MODUL AJAR ELEMEN TEKSTIL DAN DESAIN HIASAN SERTA PERSIAPAN PEMBUATAN BUSANA KELAS XI SMK TATA BUSANA

MODUL AJAR ELEMEN TEKSTIL DAN DESAIN HIASAN SERTA PERSIAPAN PEMBUATAN BUSANA KELAS XI SMK TATA BUSANA

Capaian Pembelajaran

  1. Pada akhir fase F, peserta didik mampu mengembangkan desain dan olah tekstil yang disesuaikan dengan kebutuhan industri dan kebudayaan daerah (batik/tenun/motif printing/mengolah bahan), membuat desain hiasan (renda/ sulaman/ kancing hias/bordir)
  2. Pada akhir fase F, peserta didik mampu menyiapkan pembuatan busana yang disepakati, baik berupa :
Share:

Subscribe Us

Pengikut

Statistik Pengunjung