Facebook

  • – Hasan al-Bashri

    "Jika seorang mencari ilmu, maka itu akan tampak di wajah, tangan, dan lidahnya serta dalam kerendahan hatinya kepada Allah".

  • – Imam Syafi’i

    "Ilmu adalah yang memberikan manfaat, bukan yang sekadar hanya dihafal".

  • – Sufyan bin Uyainah

    "Tahapan pertama dalam mencari ilmu adalah mendengarkan, kemudian diam dan menyimak dengan penuh perhatian, lalu menjaganya, lalu mengamalkannya dan kemudian menyebarkannya"

  • – Imam Syafi’i

    "Barangsiapa belum pernah merasakan pahitnya menuntut ilmu walau sesaat, ia akan menelan hinanya kebodohan sepanjang hidupnya"

  • – Ali bin Abi Thalib

    "Ilmu itu ada dua macam: apa yang diserap dan yang didengar. Dan yang didengar tidak akan memberikan manfaat jika tidak diserap"

Modul Ajar / RPP Bahasa Inggris SMK/MA Tingkat XII - Cause and Effect (Menyatakan Keterkaitan Sebab Akibat)

Modul Ajar / RPP Bahasa Inggris SMK/MA Tingkat XII - Cause and Effect (Menyatakan Keterkaitan Sebab Akibat)



Kompetensi Dasar

3.24 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan sebab akibat, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan because of ..., due to ..., thanks to ...)

4.24 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan sebab akibat, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

Tujuan Pembelajaran

Setelah pembelajaran melalui proses mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasi dan mengkomunikasikan, peserta didik mampu :

  1. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
  2. Menunjukan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
  3. Menyunting teks lisan dan tulis sederhana tentang ungkapan menyatakan keterkaitan/sebab akibat memperhatikan fungsi sosial,struktur teks, dan unsur kebahasaan sesuai dengan konteks penggunaanya.
  4. Menyusun teks lisan dan tulis sederhana tentang ungkapan menyatakan keterkaitan/sebab akibat dengan memperhatikan tujuan, struktur teks, dan unsur kebahasaan sesuai dengan konteks penggunaanya. 
  5. Mengkomunikasikan teks lisan dan tulis sederhana tentang ungkapan menyatakan keterkaitan/sebab akibat dengan memperhatikan fungsi sosial,struktur teks, dan unsur kebahasaan sesuai dengan konteks penggunaanya.

Materi Pembelajaran

Mengucapkan dan merespon ungkapan simpati
  • Fungsi Sosial, Menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman dan orang lain
  • Struktur teks, Farid didn’t go to school because of the rain. Jehan can speak English well do to learning contextually. Please say thank to your manager.
Selengkapnya adalah sebagai berikut :


Baca juga :
Share:

Modul Ajar Bahasa Inggris SMK/MA Tingkat XI - Descriptive Text

Modul Ajar Bahasa Inggris SMK/MA Tingkat XI - Descriptive Text



Capaian Pembelajaran

Pada akhir Fase F, peserta didik menggunakan teks lisan, tulisan, dan visual dalam bahasa Inggris untuk berkomunikasi sesuai dengan situasi, tujuan, dan pemirsa/pembacanya. Berbagai jenis teks deskripsi, prosedur, dan narasi menjadi rujukan dalam mempelajari bahasa Inggris pada fasa ini. Peserta didik menggunakan bahasa Inggris sederhana untuk berdiskusi dan menyampaikan keinginan/perasaan. Peserta didik menggunakan keterampilan berbahasa Inggris untuk mengeksplorasi berbagai teks dalam berbagai macam topik kontekstual. Mereka membaca teks tulisan untuk mempelajari sesuatu/mendapatkan informasi dan untuk kesenangan. Pemahaman mereka terhadap teks tulisan semakin mendalam.Keterampilan inferensi tersirat ketika memahami informasi dan kemampuan evaluasi berbagai jenis teks dalam bahasa Inggris sudah berkembang. Mereka memproduksi teks lisan dan tulisan serta visual dalam bahasa Inggris yang terstruktur dengan kosakata yang lebih beragam. Peserta didik memproduksi beragam teks tulisan dan visual. 

Share:

Modul Ajar Bahasa Inggris Tingkat XI SMK/MA - Procedur Text

Modul Ajar Bahasa Inggris Tingkat XI SMK/MA - Procedur Text



Capaian Pembelajaran

Pada akhir Fase F, peserta didik membaca dan merespon berbagai macam teks sepertinarasi, deskripsi, eksposisi, prosedur, argumentasi, dan diskusi secara mandiri. Mereka membaca untuk mempelajari sesuatu dan membaca untuk kesenangan. Mereka mencari, membuat sintesis dan mengevaluasi detil spesifik dan inti dari berbagai macam jenis teks. Teks ini dapat berbentuk cetak atau digital, termasuk diantaranya teks visual, multimodal atau interaktif. Mereka menunjukkan pemahaman terhadap ide pokok, isu-isu atau pengembangan plot dalam berbagai macam teks. Mereka mengidentifikasi tujuan penulis dan melakukan inferensi untuk memahami informasi tersirat dalam teks.

Kompetensi Awal

Sebelum mempelajari modul ini siswa harus mempelajari jenis jenis / macam macam teks yang diajarkan di tingkat sebelumnya. Siswa dapat membedakan jenis kata yang ada di dalam Bahasa inggris, Siswa mampu mengenali berbagai macam jenis teks. Kalian akan mempelajari tentang bagaimana membuat, mengoperasikan, melakukan sesuatu. sebelum kalian mempelajari tentang modul ini, baiklah kalian coba jawab pertanyaan ini.

  1. Sebelum mempelajari materi Prosedure ini peserta didik sudah menguasai numbering (ordinal numbers and cardinal Numbers)
  2. Sebelum mempelajari materi Prosedure ini peserta didik sudah menguasai Action Verbs atau Infinitive Verbs
  3. Sebelum mempelajari materi Prosedure ini peserta didik sudah menguasai Imperative Sentences and Prohibition Sentences

Profil Pelajar Pancasila

Setelah pelaksanaan pembelajaran, maka diharapkan karakter Pelajar Pancasila yang akan dikembangkan adalah :
1. Gotong Royong
2. Bernalar Kritis
3. Mandiri
4. Kreatif

Selengkapnya adalah sebagai berikut :


Baca juga :
Share:

Modul Ajar Bahasa Inggris Tingkat XI SMK/MA - Opinion

Modul Ajar Bahasa Inggris Tingkat XI SMK/MA - Opinion



Capaian Pembelajaran

Pada akhir Fase F, peserta didik menggunakan teks lisan, tulisan dan visual dalam bahasa Inggris untuk berkomunikasi sesuai dengan situasi, tujuan, dan pemirsa/pembacanya. Berbagai jenis teks seperti narasi, deskripsi, eksposisi, prosedur, argumentasi, diskusi, dan teks otentik menjadi rujukan utama dalam mempelajari bahasa Inggris di fase ini. Peserta didik menggunakan bahasa Inggris untuk berdiskusi dan menyampaikan keinginan/perasaan. Peserta didik menggunakan keterampilan berbahasa Inggris untuk mengeksplorasi berbagai teks dalam berbagai macam topik kontekstual. Mereka membaca teks tulisan untuk mempelajari sesuatu/mendapatkan informasi dan untuk kesenangan. Pemahaman mereka terhadap teks tulisan semakin mendalam. Keterampilan inferensi tersirat ketika memahami informasi, dan kemampuan evaluasi berbagai jenis teks dalam bahasa Inggris sudah berkembang. Mereka memproduksi teks lisan dan tulisan serta visual dalam bahasa Inggris yang terstruktur dengan kosakata yang lebih beragam. Peserta didik memproduksi beragam teks tulisan dan visual, fiksi maupun non-fiksi dengan kesadaran terhadap tujuan dan target pembaca/pemirsa.

Share:

Modul Ajar Bahasa Indonesia Tingkat XI SMK/MA - Teks Prosedur

Modul Ajar Bahasa Indonesia Tingkat XI SMK/MA - Teks Prosedur



Capaian Pembelajaran

Pelajar memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan, konteks sosial, akademis, dan dunia kerja. Pelajar mampu memahami, mengolah, menginterpretasi, dan mengevaluasi berbagai tipe teks tentang topik yang beragam. Pelajar mampu mengkreasi gagasan dan pendapat untuk berbagai tujuan. Pelajar mampu berpartisipasi aktif dalam kegiatan berbahasa yang melibatkan banyak orang. Pelajar mampu menulis berbagai teks untuk merefleksi dan mengaktualisasi diri untuk selalu berkarya dengan mengutamakan penggunaan bahasa Indonesia di berbagai media untuk memajukan peradaban bangsa. 

Konsep Utama

Menulis teks prosedur kompleks

Profil Pelajar Pancasila

  • Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa yang ditunjukkan melalui penerapan doa Kreatif yang ditunjukkan melalui gagasan yang orisinal dalam menulis teks prosedur kompleks
  • Berpikir kritis yang ditunjukkan dengan kegiatan peserta didik dalam menganalisis struktur teks prosedur
  • Gotong royong yang ditunjukkan melalui kerjasama dan ketergantungan positif dalam mengalihwacanakan teks prosedur kompleks
  • Mandiri yang ditunjukkan dalam kegiatan secara individu dan inkuiri menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur

Tujuan Pembelajaran

Pelajar menulis teks prosedur yang lebih kompleks dengan struktur dan bahasa yang runtut

Selengkapnya adalah sebagai berikut :


Baca juga :
Share:

Modul Ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti - Tingkat XI SMK/MA - Elemen Al Qur'an dan Hadits

Modul Ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti - Tingkat XI SMK/MA - Elemen Al Qur'an dan Hadits



Capaian Pembelajaran

Pada akhir fase ini, peserta didik dapat menganalisis Al-Qur’an dan Hadis tentang berfikir kritis, ilmu pengetahuan dan teknologi, mempresentasikan pesan-pesan Al-Qur’an dan Hadis tentang pentingnya berfikir kritis (critical thinking), ilmu pengetahuan dan teknologi, membiasakan membaca Al-Qur’an dengan meyakini bahwa berfikir kritis, ilmu pengetahuan dan teknologi adalah ajaran agama membiasakan sikap rasa ingin tahu, berfikir kritis, kreatif, dan adaptif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, dan teknologi.

Kompetensi Awal

Sebelum mempelajari modul ini siswa harus mempelajari tentang Al-Qur’an dan Hadis yang diajarkan di tingkat sebelumnya. Setelah siswa dapat memahami materi tersebut maka siswa dapat mempelajari bab ini. Bab ini mengupas tentang Al-Qur’an dan Hadis tentang berfikir kritis, ilmu pengetahuan dan teknologi

Target Peserta Didik

Peserta didik regular / tipikal : dapat menganalisis Al-Qur’an dan Hadis tentang berfikir kritis, ilmu pengetahuan dan teknologi

Peserta didik dengan kesulitan belajar : dapat menganalisis Al-Qur’an dan Hadis tentang berfikir kritis, ilmu pengetahuan dan teknologi

Peserta didik dengan pencapaian tinggi : dapat menganalisis Al-Qur’an dan Hadis tentang berfikir kritis, ilmu pengetahuan dan teknologi

Tujuan Pembelajaran

  1. menganalisis Al-Qur’an dan Hadis tentang berfikir kritis, ilmu pengetahuan dan teknologi,
  2. mempresentasikan pesan-pesan Al-Qur’an dan Hadis tentang pentingnya berfikir kritis (critical thinking), ilmu pengetahuan dan teknologi,
  3. membiasakan membaca Al-Qur’an dengan meyakini bahwa berfikir kritis, ilmu pengetahuan dan teknologi adalah ajaran agama membiasakan sikap rasa ingin tahu, berfikir kritis, kreatif, dan adaptif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, dan teknologi.
Selengkapnya sebagai berikut :


Baca juga :
Share:

Subscribe Us

Pengikut

Statistik Pengunjung