Facebook

  • – Hasan al-Bashri

    "Jika seorang mencari ilmu, maka itu akan tampak di wajah, tangan, dan lidahnya serta dalam kerendahan hatinya kepada Allah".

  • – Imam Syafi’i

    "Ilmu adalah yang memberikan manfaat, bukan yang sekadar hanya dihafal".

  • – Sufyan bin Uyainah

    "Tahapan pertama dalam mencari ilmu adalah mendengarkan, kemudian diam dan menyimak dengan penuh perhatian, lalu menjaganya, lalu mengamalkannya dan kemudian menyebarkannya"

  • – Imam Syafi’i

    "Barangsiapa belum pernah merasakan pahitnya menuntut ilmu walau sesaat, ia akan menelan hinanya kebodohan sepanjang hidupnya"

  • – Ali bin Abi Thalib

    "Ilmu itu ada dua macam: apa yang diserap dan yang didengar. Dan yang didengar tidak akan memberikan manfaat jika tidak diserap"

45 Model Pembelajaran Spektakuler (Bacaan Wajib bagi Guru) Menunjang Implementasi Kurikulum Merdeka

45 Model Pembelajaran Spektakuler (Bacaan Wajib bagi Guru) Menunjang Implementasi Kurikulum Merdeka 

Dalam dunia pendidikan, dapat dikatakan bahwa ujung tombak dalam tercapainya tujuan pendidikan tertelak pada proses pembelajaran. Hal ini cukup beralasan karena di sanalah proses transfer ilmu pengetahuan dari pendidik ke peserta didik berlangsung. Dengan kata lain, jika proses pembelajaran yang dilakukan tidak dapat mentransfer pengetahuan dengan baik, kemampuan peserta didik akan pengetahuan menjadi tidak maksimal. Hal inilah yang secara langsung dan tidak langsung akan memengaruhi pencapaian tujuan pendidikan yang telah dicanangkan. 

Share:

Contoh Perhitungan Pembagian Jam Pelajaran (JP) Guru Pembimbing Praktik Kerja Lapangan (PKL) sebagai Mata Pelajaran SMK Kurikulum Merdeka

Contoh Perhitungan Pembagian Jam Pelajaran (JP) Guru Pembimbing Praktik Kerja Lapangan (PKL) sebagai Mata Pelajaran SMK Kurikulum Merdeka


Contoh Perhitungan Pembagian Jam Pelajaran (JP) Guru Pembimbing Praktik Kerja Lapangan (PKL) sebagai Mata Pelajaran SMK Kurikulum Merdeka

Jam pelajaran disesuaikan dengan beban mengajar mata pelajaran yang diampu masing-masing guru di kelas XII. Sehingga beban mengajar/total alokasi JP yang diinput ke dapodik selama 1 tahun sama. Diharapkan dapat memudahkan administrasi terkait tunjangan profesi yang berbasis kecukupan jam mengajar/beban kerja. Mata pelajaran yang diampu diganti menjadi mapel PKL saat pelaksanaan PKL berlangsung, tidak perlu menghitung ulang beban kerja masing-masing guru. Penyesuaian dilakukan pada penugasan masing-masing guru sesuai jam pelajaran yang diampu.

Share:

Permendikbud No 50 Tahun 2020 tentang Praktik Kerja Lapangan (PKL) bagi Peserta Didik

Permendikbud No 50 Tahun 2020 tentang Praktik Kerja Lapangan (PKL) bagi Peserta Didik 

Permendikbud No 50 Tahun 2020 tentang Praktik Kerja Lapangan (PKL) bagi Peserta Didik. Praktik Kerja Lapangan salah satu strategi menguatkan hardskills dan softskills.

Berdasarkan Permendikbud Nomor 50 Tahun 2020 tentang Praktik Kerja Lapangan Bagi Peserta Didik, Praktik Kerja Lapangan (PKL) adalah pembelajaran bagi peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) yang dilaksanakan melalui praktik kerja di dunia kerja dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan kurikulum dan kebutuhan kerja.

Share:

Panduan PKL sebagai Mata Pelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) - dalam bentuk PDF / Slide Presentasi

Panduan PKL sebagai Mata Pelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) - dalam bentuk PDF / Slide Presentasi 


Berikut ini kami sertakan Panduan PKL sebagai Mata Pelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) - dalam bentuk PDF / Slide Presentasi. Paparan tentang Panduan PKL sebagai Mata Pelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) yang berbentuk PDF atau tayangan slide demi slide mungkin bermanfaat bagi guru atau pemangku kepentingan sebagai media tayang atau presentasi kepada warga sekolah / civitas akademika / guru dan DUDI. 

Share:

Panduan Praktik Kerja Lapangan (PKL) sebagai Mata Pelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka

Panduan Praktik Kerja Lapangan (PKL) sebagai Mata Pelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka

Pendidikan di dalam Kurikulum Merdeka berorientasi kepada kebutuhan peserta didik. Berbagai macam upaya dilakukan oleh pemangku kepentingan dalam sistem pendidikan untuk menjadikan peserta didik menjadi pelajar yang memiliki kompetensi sesuai dengan bidangnya berkarakter yang baik demi terwujudnya tujuan pendidikan. Dalam Kurikulum Merdeka dimana PKL menjadi mata pelajaran yang harus diikuti oleh peserta didik SMK, oleh sebab itu panduan ini menjadi acuan bagi satuan pendidikan dalam penyusunan maupun pelaksanaan PKL.

Share:

Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Praktik Kerja Lapangan Fase F untuk SMK/MAK Kurikulum Merdeka

Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Praktik Kerja Lapangan Fase F untuk SMK/MAK Kurikulum Merdeka

Tentang Capaian Pembelajaran Praktik Kerja Lapangan

Capaian Pembelajaran (CP) merupakan kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap fase. Untuk mata pelajaran Praktik Kerja Lapangan, capaian yang ditargetkan di Fase F. CP menjadi acuan untuk pembelajaran intrakurikuler. Sementara itu, kegiatan projek penguatan profil pelajar Pancasila tidak perlu merujuk pada CP, karena lebih diutamakan untuk projek penguatan profil pelajar Pancasila dirancang utamanya untuk mengembangkan dimensi-dimensi profil pelajar Pancasila yang diatur dalam Keputusan Kepala BSKAP tentang Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Dengan demikian, CP digunakan untuk intrakurikuler, sementara dimensi profil pelajar Pancasila untuk projek penguatan profil pelajar Pancasila.

Share:

Subscribe Us

Pengikut

Statistik Pengunjung